Contoh Kasus Analisis Regresi Berganda Menggunakan SPSS


Analisis Regresi Berganda 


Seorang manajer pemasaran deterjen merek “ATTACK” ingin mengetahui apakah promosi dan harga berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli produk tersebut ?

No. Responden
Promosi (X1)
Harga (X2)
Keputusan Konsumen (Y)
1
10
7
23
2
2
3
7
3
4
2
15
4
6
4
17
5
8
6
23
6
7
5
22
7
4
3
10
8
6
3
14
9
7
4
20
10
6
3
19
Jumlah
60
40
170

a.       Tentukan model beserta interpretasinya
b.      Uji asumsi- asumsinya
c.       Hitung nilai R2 beserta interpretasinya.


PENYELESAIAN :

a.       Model : b0 + b1X1  + b2X2
v  Coefficients
Coefficientsa
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
B
Std. Error
Beta
1
(Constant)
3.919
2.418

1.621
.149
PROMOSI
2.491
.703
1.024
3.544
.009
HARGA
-.466
1.016
-.133
-.459
.660
a. Dependent Variable: KEPUTUSAN_KONSUMEN

Y = 3.919 +  2.491X1  - 0,466X2

X1 = Promosi
X2 = Harga
Y  = Keputusan Konsumen

Interpretasi :
b0  = Apabila promosi bernilai nol maka keputusan konsumen bernilai   3.919
b1  = setiap bertambahnya jumlah promosi sebesar 1 satuan maka keputusan konsumen akan betrambah sebesar 2.491 satuan dengan asumsi variable lain bernilai konstan.
b2  = setiap bertambahnya Harga sebesar 1 satuan maka keputusan konsumen akan berkurang sebesar -0,466  satuan dengan asumsi variable lain bernilai konstan.

v  Uji Asumsi

Normal P-P plot



Dapat kita lihat plot berada di sekitar garis regresi. Dikarenakan plot berada disekitaran garis regresi maka dapat kita simpulkan bahwa galatnya berdistribusi normal dan asumsinya terpenuhi.


Scatterplot


Dapat kita lihat bahwa plotnya menyebar acak dan tidak membentuk pola, maka varians galatnya homogen.

Durbin – Watson
Model Summaryb
Model
R
R Square
Adjusted R Square
Std. Error of the Estimate
Durbin-Watson
dimension0
1
.915a
.836
.790
2.521
1.516
a. Predictors: (Constant), HARGA, PROMOSI
b. Dependent Variable: KEPUTUSAN_KONSUMEN
Pada tabel Model Summary nilai Durbin-Watsonnya adalah 1.516 dan Untuk melihat galat tidak berkorelasi, maka kita harus melihat batas bawah dan batas atas dari tabel Durbin-Watson. Pada tabel Durbin Watson banyaknya data yang ada pada kita adalah (n)= 10, α = 0,05 dan banyaknya variabel penjelas (k)=2, dengan batas bawah (dL)= 0,6972 batas atas  (dU)= 1,6413.
Dapat kita lihat penjelasan melalui gambar autokorelasi;



Pada tabel Model Summary yang kita lihat diatas nilai Durbin-Watson adalah 1,516. Nilai tersebut berada diantara selang 0,6972 dan 1,6413 dan dapat kita nyatakan bahwa pada selang tersebut tidak dapat ditarik kesimpulan.

v  Uji Multikolinearitas

The regression equation is
Keputusan konsumen = 3.92 + 2.49 Promosi - 0.47 Harga


Predictor    Coef  SE Coef      T      P    VIF
Constant    3.919    2.418   1.62  0.149
Promosi    2.4912   0.7029   3.54  0.009  3.576
Harga      -0.466    1.016  -0.46  0.660  3.576


S = 2.52099   R-Sq = 83.6%   R-Sq(adj) = 79.0%


Interpretasi :
Nilai VIF = 3.576. karena nilai VIF < 10 yaitu 3.576 < 10 maka tidak ada multikolinearitas.

v  R Square
R2 = 0.836 = 83,6%
Interpretasi :
Keputusan konsumen di pengaruhi oleh promosi dan harga adalah sebesar 83,6% pada produk deterjen merek “ATTACK” sedangkan sisanya di jelaskan oleh factor lainnya.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »